11 Tips belanja online hemat dan aman

Berbelanja online? Tentunya belanja online sudah bukan hal baru bagi sebagian masyarakat kita, karena sebagian masyarakat, baik di pedesaan maupun kota pastinya pernah berbelanja online atau sesekali berbelanja online. Lazada, zalora, tokopedia, bukalapak adalah contoh-contoh situs e-commerce yang sangat dikenal oleh netizen yang hobi belanja online. Jika anda menyukai aktifitas dalam belanja online, 11 tips belanja online hemat dan aman ini dapat dijadikan informasi rujukan dalam online shop.Belanja online adalah salah satu alternatif atau pilihan bagi sebagian masyarakat. Kenapa berbelanja online? jika dibandingkan dengan belanja offline, misalnya masih pergi ke pasar, toko,mall, atau pusat belanja lain, berbelanja online lebih praktis dan mudah karena kita tinggal kunjungi situs belanja online favorit kita, pilih barang yang kita inginkan,transfer sejumlah harga yang ditentukan penjual, pilih kurir jasa pengiriman barang dan barang sampai kepada si pembeli sekitar 2-3 hari kemudian atau lebih tergantung estimasi hari dari pihak jasa pengiriman barang. Bagi sebagian orang lebih hemat waktu dan tenaga jika dibandingkan belanja offline yang masih ribet pergi ke tempat penjual/ toko. Mending kalo tokonya dekat, kalau lokasi toko jauh dari rumah dan masih mengantri dengan pembeli lain, tentunya akan menyita waktu karena kemungkinan macet di jalan dan pelayanan bergantian dengan pembeli lain.

11 tips belanja online hemat dan aman

Semudah dan sesederhana itukah dalam belanja online? Walaupun terlihat lebih mudah dan simple, jika tidak berhati-hati dan teliti dalam berbelanja online, maka si pembeli akan mudah ditipu oleh penjual online abal-abal atau penjual online palsu.Begitu sejumlah uang ditransfer, barang tidak kunjung sampai atau barang yang dibeli tidak sesuai dengan yang dilihat di situs tersebut,barang yang diterima kualitasnya tidak sama dengan yang ditawarkan, dan hal-hal lain yang mesti kita waspadai sebelum berbelanja online. Agar kita dapat berbelanja online hemat dan aman berikut tipsnya

11 Tips belanja online hemat dan aman

1. Kenali situs online / toko online

Mengenali situs online / toko online sangatlah penting, karena kalau toko online tersebut kurang dikenal maka akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti penipuan, proses pengiriman yang terlalu lama, barang kualitas rendah dan lainnya. Untuk cek apakah toko online tersebut aman atau tidak, kita bisa kunjungi polisionline.com untuk memverifikasi apakah situs tersebut benar-benar toko online terpercaya atau bukan.

2. Bandingkan harga barang dengan toko online lain/supplier lain

Membandingkan harga sebelum membeli barang adalah krusial, karena jika kita tidak membandingkan harga di tempat lain, bisa jadi barang yang kita beli harganya lebih mahal dari tempat lain. Karena memang penjual mendapat keuntungan dari selisih harga barang dari pihak agen. Dengan info perbandingan harga yang kompetitif di pasaran, kita dapat mencari barang berkualitas baik dengan harga terjangkau.

3. Cari voucher/kupon diskon/ kupon promo

Voucher diskon biasanya terpampang cukup jelas di halaman beranda dari portal e-commerce/ situs toko online, dengan tampilan desain yang menarik dan mencolok pada halaman webnya. Tapi voucher diskon yang lebih relevan bagi Anda – baik itu produk yang Anda incar, jumlah diskon, atau minimum pembelian agar voucher berlaku,juga biasanya terdapat di tempat lain, seperti halaman fanpage  Facebook situs online yang bersangkutan,twitter, instagram, blogger mitra e-commerce tersebut, dan media lainnya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika  Anda mencari informasi di  internet terlebih dahulu ketika situs online tersebut memberikan kupon promo atau voucher diskon sebelum melakukan pembelian agar dapat berbelanja hemat.

4. Mintalah pendapat atau saran teman yang sering belanja online

Jika teman-teman sekitar anda salah satu atau lebih diantaranya ada yang hobi belanja online, mintalah sarannya agar anda  dapat belanja online yang hemat dan mudah. Mereka pasti punya pengalaman dalam berbelanja online. Info yang bisa didapatkan bisa tentang toko online yang terpercaya, barang yang berkualitas, terjangkau dan info lainnya.

5. Pilih toko online yang memfasilitasi pengembalian barang

Jika terjadi sesuatu dengan barang yang kita beli, misal warna, model, tipe, ukuran, bentuk yang berbeda dengan barang yang kita pesan di toko online, kita bisa memanfaatkan layanan ini sehingga barang yang tidak sesuai dengan pesanan bisa kita tukar ke pihak penjual sesuai dengan barang yang kita order.

6. Bertemu langsung dengan penjual

Tips ini berlaku bagi kita yang membeli barang bekas atau rekondisi atau bisa juga barang baru untuk menjamin mutunya.  Barang bekas yang dijual online, foto barang yang dipajang, kadang tidak meyakinkan apakah masih layak pakai, masih berfungsi, masih bekerja dengan baik atau tidak, seperti kucing dalam karung. Dengan bertemu langsung dengan penjual barang bekas tersebut, maka kepastian kualitas barang akan lebih terdeteksi apakah kualitasnya masih bagus dan sebaliknya.

7. Pilihlah biaya pengiriman barang yang paling hemat

Biasanya pihak penyedia jasa pengiriman barang memberi opsi/ pilihan kepada pembeli. Untuk pilihan yang hemat pilihlah yang reguler, karena reguler biasanya paling murah tarifnya. Namun kekurangan opsi ini adalah jika barang dikirim dari luar kota estimasi/perkiraan harinya barang sampai terkadang meleset/ lebih lama, tarif paling murah sih.

8. Bayar lewat rekening bersama

Rekening bersama adalah cara pembayaran dengan melibatkan pihak ketiga yang berkarakterisitik independen, terpercaya dan netral. Dalam setiap transaksi rekening bersama, pihak rekber biasanya membebankan sejumlah biaya pada setiap terjadi pemesanan dan order barang yang akan diproses. Meski demikian, ada juga rekber yang memfasilitasi setiap transaksi yang bebas biaya. Contoh situs e-commerce yang mempunyai fasilitas rekber adalah bukalapak dan tokopedia.

9. Jika memungkinkan, bayar lewat bank yang sama dengan pihak penjual

Tips ini adalah pilihan bagi pembaca artikel, karena memang biasanya jika transfer beda bank, biaya transfer akan dibebankan kepada pengirim uang tersebut  dan beban biaya transfer berbeda-beda sesuai dengan jumlah dan kebijakan masing-masing bank.

10. Segera konfirmasi ke penjual jika anda sudah transfer

Dengan konfirmasi transfer maka barang akan segera diproses untuk dikirim ke alamat tujuan. Konfirmasi bisa lewat sms, chat, email, atau form yang sudah disediakan oleh situs e-commerce tersebut.

11. Cek nomor resi barang untuk memastikan barang sudah dikirim

Ketika barang sudah dikirim oleh penjual, maka kita akan mendapatkan informasi nomor resi paket barang tersebut. Nomor resi  adalah nomor kode tertentu (biasanya 13 digit) yang digunakan oleh perusahaan jasa pengiriman barang sebagai kode unik untuk setiap pengiriman barang. Nomor resi barang bisa dicek secara online di situs pihak penyedia jasa kurir barang tersebut.

Itulah 11 tips berbelanja online hemat dan mudah. Tips tersebut di atas  dapat anda jadikan rujukan informasi ketika berbelanja online. Selamat berbelanja online!!!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *