Diet tidak hanya menurunkan berat badan

Melakukan diet hingga menurunkan berat badan sampai berkilo-kilo adalah sesuatu yang salah,
namun tidak jarang, banyak orang yang meyakini kalau berat badan tidak turun berkilo-kilo belum dikatakan diet.
Padahal diet yang sehat dalam mencapai target berat badan yang sesuaiĀ  prosesnya tidak bisa instan. Dalam pembahasan diet tidak hanya menurunkan berat badan kali ini, tidak hanya masalah turun berat badan yang dijadikan acuan,
namun prosesnya dilakukan secara bertahap, diimbangi dengan pola makan sehat dan olahraga yang cukup.
Berikut tipsnya

Diet tidak hanya menurunkan berat badan

1. Dilakukan secara bertahap
Dalam menurunkan berat badan, setiap orang memiliki target yang berbeda-beda menyesuaikan dengan target berat badan yang ingin dicapai.Penurunan 0,5 kg sampai 1 kg perminggu termasuk kategori penurunan berat badan yang sehat. Berat badan yang turun dilakukan dengan bertahap dan alami,lebih aman dan sehat daripada penurunan yang memakai cara instan yang kurang sehat seperti sedot lemak misalnya. Begitu juga dengan porsi makan yang dikurangi secara bertahap. Pada mulanya jatah makan dikurangi 1/4 dari porsi biasanya, setelah itu 1/2, kemudian makan sesuai jadwal, yaitu tiga kali sehari atau tidak dikurangi jadwalnya. Jadi, diet tidak hanya menurunkan berat badan saja, karena ada beberapa hal lain yang perlu dicermati.

2. Motivasi positif
Motifasi positif diperlukan agar melakukan diet bukan hanya ikutan trend gaya hidup dan juga bukan hanya agar penampilan terlihat lebih menawan.Tapi jadikan diet sebagai bagian dari hidup sehat dan untuk menjaga kesehatan organ tubuh.Karena berat badan yang normal akan membantu mencegah berbagai macam penyakit seperti hipertensi, peningkatan asam urat,penyempitan pembuluh darah,stroke, dan lain-lain.

3. Disiplin dalam pola makan
Pola makan yang sehat dan terjaga akan membantu proses diet mencapai hasil yang diinginkan. Seperti pada poin 1, dimana ada porsi makan yang dikurangipada awal melakukan diet dan dilakukan secara bertahap juga konsisten. Maka ketika berat badan ideal sudah tercapai, disiplin untuk menjaga berat badan normaljuga diterapkan dalam pola makan. Misalnya saat yang ideal untuk santap malam adalah 2-3 jam sebelum tidur. Bila waktu makan terlalu dekatdengan jam tidur, kualitas tidur Anda akan terganggu,makanan berkalori tinggi yang dikonsumsi di atas jam 8 malam dapat meningkatkan risiko obesitas. Cukup jelas bahwa diet tidak hanya menurunkan berat badan saja, tapi pola makan sehat juga berpengaruh. Aktifitas yang dilakukan saat malam hari biasanya tidak banyak membutuhkan kalori,sehingga jika makan malam dilakukan secara berlebihan maka akan terjadi penumpukan kolesterol dan akan tersimpan dalam bentuk lemak,

4. Olahraga teratur
Tanpa dibarengi dengan olahraga teratur, diet yang dilakukan akan sia-sia.
Olahraga penting dilaksanakan scara rutin 4-5 kali dalam seminggu dengan durasi minimal 30 menit tiap kali melakukannya.
Olahraga bukan hanya untuk menurunkan berat badan saat menjalankan program diet, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Olahraga melatih otot paru-paru, jantung dan otot tubuh.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *