Jember wakili Indonesia di kompetisi marching band Asia

Jember wakili Indonesia di kompetisi marching band Asia

Jember Marching Band wakili Indonesia dalam pertandingan marching band tingkat Asia yaitu Winter Guard International di Kuala Lumpur, Malaysia, 15-16 Oktober 2016. Hal ini tentu membanggakan warga Indonesia pada umumnya dan warga Jember pada khususnya karena Jember wakili Indonesia di kompetisi marching band Asia. Jember Marching band  terus berupaya untuk ambil bagian dan mencoba mengukir prestasi di tingkat Asia.

” Hari ini (Minggu) kami menghadirkan pentas khusus sebagai bentuk pamit pada orang-orang Jember di GOR PKPSO Kaliwates serta memohon doa restu dari orang-orang supaya memperoleh juara dalam pertandingan WGI itu, ” kata pembina Jember Marching Band Tri Basuki di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu.

Semua personel Jember Marching Band sejumlah 35 orang, ofisial, serta pelatih bakal pergi dari Kabupaten Jember pada Selasa (11/10) malam serta tiba di Kuala Lumpur, Malaysia pada Rabu (12/10) pagi. Beberapa personel Jember Marching Band yang ikuti pertandingan WGI di Malaysia sejumlah 70 % yaitu anggota baru yang datang dari beberapa siswa-siswi SMP serta SMA di Jember serta persiapan telah dikerjakan sepanjang setahun penuh.

Jember wakili Indonesia di kompetisi marching band Asia

Menurut dia, rangkaian WGI yang diikuti oleh sekitaran 18 peserta dari semua negara di Asia itu bakal terdiri jadi dua session yaitu session pertandingan marching band serta ” coaching clinic “.

” Tur WGI itu bakal di gelar di tiga negara di Asia yaitu Malaysia, Indonesia, serta Jepang, tetapi Jember Marching Band cuma ikuti pertandingan marching band tingkat Asia itu di Indonesia serta Malaysia, ” katanya.

Ia menerangkan ada tiga kelompok dalam lomba WGI di Malaysia serta Indonesia yaitu percussion ensemble, brass wind contest, serta color guard contest yang bakal diikuti oleh 18 peserta dari sebagian negara di Asia.

” Sesudah ikuti pertandingan marching band di Malaysia, jadi Jember Marching Band bakal ikuti pertandingan WGI di Indonesia yang di gelar di Kota Surabaya, Jawa Timur, ” katanya.

Spesial di WGI Indonesia, lanjut dia, akan di gelar ” coaching clinic ” yang di buka untuk pelatih, juri, serta pemain marching band yang terdiri jadi judges clinic, instructor clinic, serta players clinic.

” Kami menginginkan mempromosikan Jember ke tingkat internasional lewat pertandingan marching band di tingkat Asia lantaran Kabupaten Jember juga mempunyai aktivitas pertandingan Jember Open Marching Band yang di gelar tiap-tiap tahunnya, ” tuturnya.

Tri Basuki menyampaikan agenda WGI tingkat Asia itu adalah step seleksi kejuaraan dunia marching band WGI di Ohio, Amerika Serikat.

” Semoga kita dapat mencapai juara seperti pada th. 2010 serta 2014, hingga pertandingan marching band dunia di Ohio semakin lebih mulus serta WGI di Ohio gagasannya bakal di gelar April 2017, ” katanya.

Beberapa pekan yang lalu ” Jember Open Marching Band Competition IV ” di gelar di Gedung Berolahraga PKPSO Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, pada 18-20 September 2015, diikuti sembilan negara yaitu Afrika Selatan, Malaysia, Filipina, Tiongkok, Hongkong, Jepang, Taiwan, Thailand, serta Indonesia.

Aktivitas kejuaraan internasional ” Jember Open Marching Band Competition ” (JOMC) tingkatkan kunjungan wisatawan di Kabupaten Jember, Jawa Timur, kata Kepala Kantor Pariwisata serta Kebudayaan Jember, Sandi Suwardi Hasan.

” Ada sembilan negara yang turut kejuaraan marching band internasional itu, termasuk juga Indonesia. Peserta dari Indonesia juga datang dari beragam propinsi, hingga pastinya pertandingan itu tingkatkan kunjungan wisata ke Jember, ” katanya di Jember, Senin.

” Sebagian kamar hotel di sekitaran GOR PKPSO penuh oleh peserta serta ofisial yang ikuti kejuaraan marching band itu, hingga di pastikan jumlah wisatawan yang datang ke Jember juga bertambah, ” katanya.

Keseluruhannya, lanjut dia, jumlah peserta serta ofisial meraih sekitaran 1. 500 orang lebih serta ditambah pengunjung yang berniat datang untuk melihat kejuaraan marching band di GOR PKPSO Kaliwates.

” Dengan penuhnya kamar hotel di sekitaran tempat kejuaraan interasional itu, jadi dengan cara automatis tempat tinggal makan atau restoran yang ada didalam hotel atau luar hotel juga bertambah, ” ucap bekas Kabag Humas Pemkab Jember itu.

Sesaat Ketua Panitia ” Jember Open Marching Band Competition ” (JOMC), Tri Basuki mengharapkan aktivitas pertandingan marching band internasional itu bisa memperkenalkan Jember pada negara-negara lain sebagai peserta.

” Pertandingan marching band di Jember bisa tingkatkan wisatawan untuk bertandang ke kabupaten setempat serta memperkenalkan Jember pada dunia lewat berolahraga seni marching band, ” tuturnya.

Ia mengatakan terima kasih pada semuanya pihak lantaran Jember Open Marching Band Competition jalan dengan lancar serta semua peserta dari sembilan negara telah memberi tampilan yang paling baik dalam pertandingan.

Pemenang dalam kejuaraan internasional ” Jember Open Marching Band Competition ” (JOMC) kelompok marching show band dicapai oleh Kampus Warnadewa Denpasar Bali, sedang pemenang kelompok drum battle University Drumline Manila Filipina.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *