Masihkah Facebook Ads efektif mendatangkan traffic ke website

Masihkah Facebook Ads efektif mendatangkan traffic ke website

Masihkah Facebook Ads efektif mendatangkan traffic ke website

Facebook adalah platform media sosial buatan Mark Zuckerberg yang begitu populer di negara ber-flower seperti Indonesia. Dilansir dari We are social dan Hootsuite, pengguna medsos di Indonesia 150 juta atau sebesar 56% dari total populasi. Data tersebut naik signifikan sekitar 20% dari survei sebelumnya. Dimana pengguna facebook terbesar peringkat  ke 3 setelah Youtube dan whatsapp. Politisi memanfaatkan facebook sebagai media humas di dunia maya dalam meningkatakan jumlah follower, memaparkan program visi dan misi atau live performance saat di lapangan. Kalangan pebisinis  menggunakan Facebook sebagai media meningkatkan penjualan dan meningkatkan engagement dengan follower atau calon customer. Anak muda millenial yang sudah mulai tertarik untuk berbisnis, di samping Youtube, menggunakan facebook agar mereka lebih dapat dikenal oleh masyarakat, menarik banyak follower untuk menjadi social influencer. Pengiklan online yang belum mencoba facebook Ads atau digital marketer pemula akan mempertanyakan Masihkah Facebook Ads efektif mendatangkan traffic ke website.

Selain penggunaan facebook organik yang gratisan/ gretongan , ada juga pilihan iklan  berbayar d facebook atau Facebook Ads dengan menggunakan fanpage. Lantas dengan pemaparan dan fakta-fakta di atas, Masihkah Facebook Ads efektif dalam mendatangkan traffic ke website, akun Instagram atau Landing Page?Berikut beberapa alasannya

1.Biaya iklan yang lebih murah dari Google Adwords dan platform iklan lainnya

Dengan biaya deposit minimal 50ribu rupiah, kita sudah dapat mulai beriklan di facebook dengan budget minimal sehari 10 ribu rupiah, iklan dapat ditayangkan selama 1×24 jam. Bandingkan dengan google adwords yang budget seharinya 50ribu rupiah atau bahkan lebih. Cocok sekali bagi pemula atau pebisnis yang masih belajar untuk beriklan, karena biaya iklannya masih terjangkau.

2.Facebook Ads lebih tertarget

Menggunakan facebook Ads, kita bisa mentarget orang sesuai umur, jenis kelamin, interest/kesukaan, hobi, bahkan gadget yang mereka pakai. Data-data calon orang yang kita target untuk nantinya akan mengunjungi website kita penting karena setiap pebisnis memiliki peoduk/ jasa yang berbeda dan pasar yang berbeda pula. Dengan penggunaan data target yang tepat, maka kemungkinan iklan di klik atau dilihat semakin tinggi.

3.Target yang bisa disesuikan dengan pasar/ peminat produk

Jika kita punya produk kecantikan , tentunya target marketnya adalah perempuan. Begitu juga sebaliknya jika kita jualan produk olahraga tentunya target marketnya lebih banyak pria. Misal kita punya produk lipstik, maka yang kita target adalah wanita remaja/karier usia sekitar 20-45 tahun. Tentunya produk lipstik tidak bisa kita target ke customer pria, karena kemngkinan kecil sekali akan terjadi penjualan. Atau produk properti yang bisa menarget pria/wanita usia karir. Di sinilah peran facebook Ads dapat membantu kita menarget calon pembeli sesuai produk/jasa yang ditawarkan.

4.Bisa dianalisa performance iklannya

Ketika iklan kita sudah tayang selama kurang lebih dua hari, maka akan dapat kita analisa performance iklannya. Apakah konversi iklannya udah bagus, jumlah kliknya sedikit atau banyak, engagement-nya, reach audience-nya.

5.Bisa Diuji coba untuk split testing

Kita dapat menguji coba untuk beriklan ke target market yang sama tapi dengan metode berbeda. Misalnya kita beriklan produk tas wanita dengan audience yang sama tapi adset yang berbeda. Iklan ke 1 kita menggunakan foto canvas, iklan kedua kita menggunakan video. Setelah iklan berjalan maka akan diketahui performance-nya, bahwa audience lebih suka iklan dalam photo canvas atau iklan dalam bentuk bentuk video.

6.Bisa Retargeting Audience

Jika dari split testing kita sudah dapat menemukan metode iklan palin bagus, misalnya yang berkonversi tinggi dengan biaya klik yang murah, maka data audience-nya bisa kita copy ke adset untuk kemudian kita pakai lagi menayangkan iklan yang sama dengan target audience yang sama. Memakai data audience yang konversinya bagus, jadi kita tidak seting iklan dari awal.

7.Bisa Di Scale up

Scale up disini berarti ada penyesuaian setting yang ingin kita dalam adset yang akan ditayangkan. Setelah kita mengetahui adset iklan terbaik dari split-test, maka kita bisa mencoba scale up dari sisi penambahan budget biaya iklan, perluasan target audience, perluasan demografi, perpanjangan durasi iklan dan penyesuaian setting lainnya

8.Bisa Digunkan untuk traffic sesuai kebutuhan pengiklan/Advertiser

Setiap advertiser/pengiklan tentu memiliki object/tujuan yang berbeda ketika beriklan. Ada yang tujuannya personal brand, company brand, traffik ke website, klik untuk instal aplikasi, klik agar videonya dilihat, klik to chat ke Whatsapp dan sebagainya. Facebook Ads dapat disesuikan tujuan beriklannya sesuai kebutuhan jasa/produk yang akan ditawarkan ke publik.

Demikianlah artikel singkat sederhana mengenai Masihkah Facebook Ads efektif mendatangkan traffic ke website sesuai pengalaman admin menggunakan facebook Ads. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang ingin beriklan di Facebook.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *