Tips Belanja Akhir Tahun

Banyak kita jumpai ketika mendekati akhir tahun toko-toko di dunia nyata maupun dunia maya banting harga atau diskon gede-gedean dengan harga yang gila-gilaan membuat para calon pembeli tergoda dan tergiur untuk segera berbelanja. Bisa jadi andalah  yang jadi sasaran target pembeli tersebut, namun perlu dicermati dalam membeli barang diskon agar keuangan anda tidak mengalami “pendarahan” karena di samping berbelanja, ada alokasi biaya untuk kebutuhan lain seperti liburan ke tempat wisata bersama keluarga atau mudik ke kampung halaman misalnya. Tips Belanja Akhir tahun berikut ini dapat membantu anda dalam mendapatkan barang yang dibutuhkan dengan aman.

Tips belanja akhir tahun

Tips Belanja Akhir Tahun

Rencanakan Jauh Hari

Nyatanya, berencana jauh-jauh hari untuk beli suatu hal jadi kunci yang efisien untuk belanja akhir tahun. Pastinya Anda juga mesti menyiapkan dananya jauh-jauh hari juga. Dengan hal tersebut saat belanja anda dapat mengasyikkan.

Persiapkan dana yang memadai

Informasi yang didapat, entah diskonnya di mall atau on-line, yang pasti hal pertama yang perlu anda sediakan yaitu dana serta kenali keseluruhan dana yang seumpamanya bakal anda mengeluarkan. Bila anda menginginkan berikan hadiah akhir tahun pada seorang, buat daftar mengenai siapapun yang bakal menerimanya. Nah bila telah dibuat daftarnya, jumlahkan untuk keseluruhan cost yang anda siapkan dengan jumlah orang yang bakal menerimanya.

Buat daftar belanja

Membawa daftar untuk  beberapa barang yang bakal dibeli, dapat menghindarkan anda dari belanja barang yg tidak dibutuhkan akibat ” lapar mata “. Yang lebih utama lagi, tetaplah memiliki konsistensi dengan daftar berbelanja itu.

Tetapkan anggaran

Tanyakan pada diri anda berapakah banyak dana yang dapat dibelanjakan, lantas distribusikan dana itu pada list barang yang ada pada daftar belanjaan. Sesuaikan dengan anggaran yang tersedia.

Kerjakan sedikit penelitian

Kerjakan survey perbandingan harga dengan cara on-line sebelumnya anda pergi ke toko/mall. Dengan hal tersebut, anda dapat memperhitungkan untuk belanja di toko/mall mana yang sesuai sama keperluan anda.

Manfaatkan peluang diskon di event tertentu

Gunakan sebagian moment seperti Festival Berbelanja On-line, Harbolnas (Hari Berbelanja On-line Nasional), Black Friday, Christmas Sale, atau New Year Sale dengan cara optimal. Langkahnya mudah sih, rajin-rajin saja buka website on-line shop. Umumnya kan akan ada banner mengenai moment itu. Atau dapat pula berlangganan newsletter bebrapa website on-line shop. Sediain e-mail spesial jika tidak mau e-mail paling utama anda dipenuhi spam-spam newsletter. Hanya ya mesti kerap di buka. Gitu saja sih. Mudah kan?
Dapat pula buka beberapa website yang memang berisi itu memperbandingkan harga-harga barang di semua on-line shop. Jadi tidak butuh mencari satu-satu barang incaranmu di semasing on-line shop. Bila untuk mall, anda dapat follow account resmi mall tersebut agar dapet informasi mengenai moment paling baru mereka.

Bayar Tunai

Untuk anda kenali, pembelanja yang membayar dengan kartu credit, malah lebih boros dibanding dengan membayar dengan cara tunai lho. Penyebabnya, saat tergoda bakal satu barang, karenanya ada kartu credit di tangan, Anda jadi melupakan daftar berbelanja yang sudah anda bikin.

Cobalah berbelanja online

Berbelanja on-line dapat menghindari anda tergoda dalam berikan barang yg tidak dibutuhkan. Langkah berbelanja ini dapat cocok buat anda yang masihlah belum tahu barang apa yang menginginkan anda beli. Diluar itu, anda dapat menghemat saat serta tenaga. Namun ingat ya, yakinkan anda berbelanja di toko on-line yang terpercaya bukanlah toko on-line yang abal-abal.

Berbelanja sendiri

Tahukah anda, rekan belanja kadang-kadang dapat jadi ” bumerang ” untuk Anda. Tanpa ada anda sadari, provokasi teman belanja dapat mendorong anda belanja barang yang sesungguhnya tak anda butuhkan. Atau, anda jadi ikutan beli barang yang dibeli oleh rekan anda lantaran tergoda perkataan teman anda sendiri.

Janganlah belanja waktu capek, sedang buru-buru atau bosan
Dalam keadaan emosional yg tidak stabil ini, Anda bisa saja membayar beberapa barang dan barang-barang yang anda beli sesungguhnya tak anda kehendaki.

Gunakan shopping nite
Sebagian mall kerapkali mengadakan shopping nite. Umumnya, barang yang di tawarkan juga memperoleh potongan harga yang mengundang selera. Jadi faedahakanlah shopping nite ini untuk memperoleh harga miring.

Gunakan kupon potongan harga atau voucher

Sebelumnya belanja, cobalah baca koran atau majalah, atau baca juga artikel tentang Tips Belanja Akhir tahun di blog ini. Umumnya terdapat banyak mal/toko yang tawarkan potongan harga spesial atau potongan harga penambahan apabila membawa kupon potongan harga yang ada di surat berita/majalah. Dapat juga anda memakai poin-poin yang ada di kartu anggota toko/mall yang anda punyai di toko/mal kesayangan anda.

Demikian Tips Belanja Akhir Tahun. Semoga Bermanfaat.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *