Berkunjung ke situs resmi milik pemerintah terkait pandemi global covid-19

Berkunjung ke situs resmi milik pemerintah terkait pandemi global covid-19

Berkunjung ke situs resmi milik pemerintah terkait pandemi global covid-19

Virus Corona/Covid-19 yang awal ditemukan di pasar Wuhan-China pada akhir Desember, menyebar ke sejumlah negara negara di Asia dan kini meluas dan berdampak serius pada belahan negara- negara dunia. Data terakhir pada 22/3/2020 telah menginfeksi 304.528 Orang (sumber:kompas) Pemerintah pusat dan daerah bahu membahu dan bekerjasama untuk memerangi virus ini. Apalagi sejak virus Corona oleh WHO dinyatakan sebagai pandemi global pada 11 Maret 2020 karena sudah dikategorikan sebagai wabah penyakit berbahaya yang terjadi pada skala geografis yang luas dan merebak di beberapa negara dan benua.

Setelah pengumuman pemerintah di awal Maret 2020, 3 warga negara Indonesia telah positif terinfeksi Corona. Apalagi setelah pemerintah pusat  menetapkan kasus penyebaran Covid-19 sebagai kejadian luar biasa (KLB)
Pemerintah mengambil langkah-langkah penting agar warga masyarakat tidak panik dan tetap waspada. Diantaranya meliburkan sekolah dan menggantinya dengan belajar di rumah secara daring, meliburkan sebagian kantor-kantor pemerintah sehingga ramai di linimasa sosmed dan portal berita istilah “Work From Home” atau bekerja dari rumah, tagar #darirumahaja pun menjadi trending topik yang populer.

Dari sekian banyak langkah-langkah pemerintah untuk “berperang dengan virus ini, salah satunya adalah menyediakan informasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang virus Corona, misalnya upaya pencegahan juga penyebaran virusnya yang di update setiap hari secara real time. Untuk itu perlu kiranya kita update info tentang hal tersebut dengan berkunjung ke situs resmi milik pemerintah terkait pandemi global covid-19.¬†

Pada saat kita mengunjungi halaman tersebut, terdapat 9 halaman yang navigasinya terletak di bagian atas web untuk memudahkan akses pengunjung. Ada 1 halaman utama (home) dan 8 halaman pendukung. 1 halaman yang diatandai merah mecolok adalah halaman hoax buster, untuk menangkal berita hoax yang beredar terkait covid 19.

Pada halaman berita, terdapat berita terupdate setiap hari, pada laman data berisi data pengidap positif covid; yang sembuh; pdp biasanya berisi data infografik. Laman protokol adalah info protokol kesehatan yang wajib dilaksanakan selama pandemi dan masa relaksasi atau new normal saat ini. Pada laman edukasi berisi info tentang info covid19 secara umum bagi semua lapisan mesyarakat, yang setiap harinya berpotensi melakukan kontak fisik setiap hari seperti orang tua, tenaga kesehatan, pemuka agama dan sebagainya. Sisanya adalah laman tanya-jawab, agenda pemerintah dan pihak terkait tentang konferensi pers covid 19 di level kabupaten, daerah maupun provinsi.

Begitulah review singkat saya ketika berkunjung ke situs resmi milik pemerintah terkait pandemi global covid-19. Mudah-mudahan bisa memberi gambaran singkat tentang info secara umum di website tersebut.