Sosialisasi Pencegahan Virus Corona di SMP Cikal Cendekia

Sosialisasi Pencegahan Virus Corona di SMP Cikal Cendekia

Sosialisasi Pencegahan Virus Corona di SMP Cikal Cendekia

Sosialisasi Pencegahan Virus Corona di SMP Cikal Cendekia

Virus Corona telah merebak dan menyebar ke sejumlah negara. Yang awalnya berasl dari negar Cina yang diduga berasal dari daerah Wuhan tepatnya di pasar Wuhan yang menjual berbagai binatang liar seperti daging ular, kelelawar, dsb. Dimana korban yang telah terjangkit per 6 Maret 2020 positif di 84 Negara, 97.885 Terinfeksi, Lebih dari 50 Persen Sembuh (dari berbagai sumber)

Di Indonesia virus tersebut beritanya sudah viral pada akhir  Desember 2019. Dan pemerintah sudah meregulasi pembatasan penerbangan dari dan keluar negara Cina. WNA yang berkunjung ke Indonesia juga dibatasi bahkan dilarang bepergian ke Indonesia untuk mencegah penyebaran virus ke Indonesia.

Pada awal bulan Maret 2020  pemerintah mengumumkan terdapat 2 WNI yang positif terjangkit virus Corona di Depok-Jawa Barat. Pemerintah pun menggelar konferensi pers terkait berita tersebut dan mengingatkan agar masyarakat Indonesia lebih waspada dengan meningkatkan kpedulian terhadap kebersihan lingkungan sekitar. Salah satunya dengan mencuci tangan dan memakai masker untuk mencegah virus menyebar .

Pemerintah Jabar juga menginstruksikan lewat Kemendikbud dan sekolah-sekolah untuk mensosialisasikam pencegahan virus, salah satunya dengan cara mencuci tangan.

Salah satu sekolah yang berpartisipasi dalam program  tersebut adalah SMP Cikal Cendekia. Pada tanggal  5 Maret 2020 setelah sholat Dzuhur, siswa SMP dikumpulkan di aula sekolah. Pembukaan sosialisasi diawali oleh Bu Osy selaku Kepsek SMP Cikal Cendekia. Bu Osy menekankan bahwa siswa harus menjaga kebersihan tangan serta pakaian dan menjaga kebersihan tangan. Kemudian untuk cara detailnya, disampaikan oleh Bu Dila yang memperagakan cara mencuci tangan yang baik dan benar, yang direkomendasikan WHO dalam beberapa langkah yaitu:

1. Basahi tangan dengan air.

2. Tuang sabun pada tangan secukupnya untuk menutupi semua permukaan tangan.

3. Gosok telapak tangan yang satu ke telapak tangan lainnya.

4. Gosok punggung tangan dan sela jari.

5. Gosok punggung jari ke telapak tangan dengan posisi jari saling bertautan.

6. Genggam dan basuh ibu jari dengan posisi memutar.

7. Gosok bagian ujung jari ke telapak tangan agar bagian kuku terkena sabun.

8. Gosok tangan yang bersabun dengan air mengalir.

9. Keringkan tangan dengan lap sekali pakai

Demonstrasi diperagakan oleh ananda Raquella dan Rafif dan diikuti oleh siswa-siswi SMP Cikal Cendekia. Diharapkan setelah sosialisasi tersebut, siswa dapat lebih bisa menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga kebersihan peralatan makan, juga tangan sebelum dan sesudah makan, sehingga nantinya dapat secara aktif dapat ikut serta berperan mencegah menyebarnya virus, terutama virus corona, setidaknya Sosialisasi Pencegahan Virus Corona di SMP Cikal Cendekia adalah bentuk program antisipatif dan pencegahan dini untuk diri sendiri dan lingkungan keluarga.